welcome to my blog

Selasa, 10 Mei 2011

KANKER

Kanker adalah suatu penonjolan atau pertumbuhan tidak wajar yang dapat terjadi pada setiap bagian tubuh. Setiap benjolan yang keras, tidak sakit dan tumbuh perlahan-lahan pada salah satu bagian tubuh, kemungkinan besar merupakan kanker. Penyakit ini berbahaya dan sering kali memerlukan operasi/pembedahan oleh para medis.
Ketika mengetahui salah seorang anggota keluarga menderita kanker, sebaiknya tidak usah terlalu panik karena penyakit ini sama halnya dengan penyakit lain. Ada sekitar 100 tipe kanker, dari stadium rendah yang bisa disembuhkan ataupun stadium lanjut yang membutuhkan perawatan insentif. Nama kanker berdasarkan organ atau sel tipe apa yang terkena kanker.
A. Penyebab Kanker
Penyakit kanker berhubungan erat dengan kondisi sel, unit dasar kehidupan manusia. Untuk mengetahui kanker, harus diketahui terlebih dahulu apa yang terjadi pada sel normal hingga menjadi sel kanker.
Tubuh terdiri dari banyak sel. Masing-masing sel tumbuh dan mati dan dikontrol oleh suatu sistem rumit sehingga setiap harinya bisa berregenerasi. Ini dibutuhkan untuk menjaga stabilitas dan kesehatan tubuh.
Sering kali proses ini akan mengalami kegagalan. Material genetik sel (DNA) bisa saja rusak dan berubah, memproduksi gen mutasi yang berakibat buruk pada pertumbuhan sel. Jika ini terjadi, sel tidak dapat mati saat dibutuhkan dan sel baru tidak terbentuk maka inilah awal muasal terjadinya kanker.

B. Jenis-jenis kanker:

1. Kanker pada kulit

Kanker kulit paling sering terjadi pada orang-orang yang berkulit cerah dan yang sering berjamur di bawah terik matahari. Biasanya kanker ini timbul pada tempat-tempat yang paling terkena sinar matahari, terutama: telinga, tulang pipi, pelipis, hidung, dan bibir.

Penyakit ini terdiri atas berbagai bentuk. Biasanya mulai terjadi sebagai suatu cincin kecil dengan warna seperti mutiara dan disertai sebuah lubang di tengahnya.

Kebanyakan kanker kulit tidak berbahaya jika diobati pada saat yang tepat dan tidak diperlukan operasi bedah untuk menanganinya.

2. Kanker Payudara

Penyakit ini cukup sering ditemukan pada wanita dan selalu merupakan penyakit yang berbahaya.

Tanda-tanda kanker payudara :
• Penderita menemukan suatu benjolan di sekitar payudara
• Payudara menunjukkan suatu lekukan atau cekungan yang tidak wajar (abnormal) atau banyak lekukan kecil-kecil seperti kulit jeruk
• Sering kali terdapat kelenjar getah bening yang membesar tetapi tidak sakit pada ketiak
• Benjolan tumbuh secara perlahan-lahan
• Biasanya pada permulaan benjolan tidak sakit atau tidak terasa, baru beberapa waktu kemudian timbul rasa sakit.
3. Kanker rahim atau indung telur

Kanker rahim (uterus), leher rahim (cervix) atau indung telur (ovarium) paling sering dijumpai pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun. Tanda pertama yang mungkin adalah kekurangan darah (anemia) atau perdarahan pada jalan lahir yang tidak dapat dijelaskan. Selanjutnya ditemukan suatu benjolan yang sakit pada perut.

4. Kanker kolon

Jenis kanker yang menyerang usus sehingga merusak metabolisme pada sistem pencernaan.

5. Kanker tulang (Sarcoma)

Kanker ini terjadi pada tulang, jaringan lemak, otot, dan darah.

6. Kanker darah (leukimia)

Berawal dari pertumbuhan darah putih yang tidak normal, leukimia menyerang sistem metabolisme darah sehingga sistem imunitas si penderita menurun drastis.

7. Lymphoma

Kanker ini menyerang sel imunitas tubuh.

8. Kanker ginjal
C. Hal-hal yang harus dilakukan para penderita kanker :
• Melakukan diet makanan dan gaya hidup sesuai dengan petunjuk petugas kesehatan
• Berolahraga secara teratur sehingga pikiran yang kalut bisa dihilangkan dengan melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat ini.
• Rutin memeriksakan diri ke dokter. Jangan segan untuk bertanya tentang bagaimana hidup optimis meskipun menyandang penyakit kanker.
• Berdoa dan selalu berusaha untuk berpikir positip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar